• WEBSITE RESMI SMPN 3 BUKITTINGGI (AKREDITASI A & ADIWIYATA NASIONAL 2019)
  • THE SCHOOL OF THE FUTURE

SMPN 3 Bukittinggi Raih Juara 2 Lomba Musikalisasi Puisi

Desmeri : Latihan Selama Ini Berbuah Hasil Maksimal

SMP Negeri 3 Bukittinggi meraih juara 2 lomba Musikalisasi Puisi yang diadakan SMP Negeri 3 Bukittinggi bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi.Lomba ini diselenggarakan di Hotel Dymens, belum lama ini. Lomba ini diikuti 14 SMP negeri dan swasta se-Kota Bukittinggi.

Puisi yang dibawakan oleh SMP Negeri 3 yaitu Membaca Tanda Tanda karya Taufiq Ismail yang diiringi alat musik gitar, talempong, dan tambua. Musikalisasi puisi SMP Negeri 3 Bukittinggi dibawakan oleh Indra, Ucok, Agus, Risky,Bunga dan Zahra.

Musikalisasi puisi merupakan suatu bentuk perpaduan seni antara musik dan sastra atau suatu kegiatan pengapresiasian puisi yang dipadukan dengan musik. Pada prosesnya, karya puisi yang telah ada dilagukan oleh pemusik, atau pemusik menawarkan musiknya kepada sastrawan untuk menambahkan musik ke dalam sebuah puisi. Perpaduan tersebut dikenal dengan istilah musikalisasi puisi.

Musikalisasi puisi memiliki beberapa unsur yang harus diperhatikan meliputi Nada.Dalam musikalisasi puisi, nada menjadi unsur utama yang penting. Karena puisi harus dibacakan sesuai nada iringan musik yang digunakan. Irama dalam pembacaan musikalisasi puisi dilakukan untuk menjiwai isi puisi yang dibawakan. Penentuan irama dan temponya ditentukan dari tema puisi. Contohnya tema puisi yang bersemangat, jauh lebih cocok dibawakan dengan irama dan tempo musik yang cepat dan semangat.

Seperti pembacaan puisi biasa, pelafalan juga termasuk unsur musikalisasi puisi. Pelafalan dari pembacaan puisi harus jelas, agar pendengar dapat memahami dan menjiwainya.
Harmoni artinya keseluruhan unsur musikalisasi puisi haruslah saling berkesinambungan dan harmonis. Mulai dari nada iringan musik hingga cara pembawaannya, semua harus harmonis dan serasi. Saat membaca puisi, ekspresi menjadi unsur penting. Begitu pula dengan musikalisasi puisi, ekspresi wajah dan gerak gerik tubuh harus diperhatikan, karena berpengaruh pada penjiwaan.

Pembina Musikalisasi Puisi SMP Negeri 3 Bukittinggi Desmeri, S.Pd mengucapkan syukur atas pencapaian siswa SMPN 3 Bukittinggi dalam lomba tersebut.

Ia menyebutkan latihan dan kerja keras para siswa akhirnya membuahkan hasil maksimal.
“Semoga kita bisa mempertahankan juara yang kita raih bersama.Latihan kita selama 2 minggu akhirnya terbayarkan dengan hasil ini. Semoga tahun besok kita bisa mendapatkan juara 1,” Aamiin, “ ucap Desmeri didampingi Pelatih Drs. Emil Anwar.(Tim Jurnalistik Spentri Bukittinggi)






Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMP Negeri 3 Bukittinggi dikunjungi Komisi II DPRD Kota Bukittinggi, Kepala Dinas Pendidikan serta SKPD terkait

Selasa, 17 Januari 2023. Rombongan dari Komisi II DPRD kota Bukittinggi, Kepala Dinas Pendidikan serta SKPD terkait lakukan kunjungan ke SMP Negeri 3 Bukittinggi. Kunjungan dihadi

19/01/2023 09:44 - Oleh Wardi Akmal (pak_w) - Dilihat 30 kali
Guru-guru Penerima Satya Lencana 10 dan 30 Tahun SMP Negeri 3 Bukittinggi

Bentuk perhatian Pemerintah terhadap para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki loyalitas, kinerja dan prestasi yang baik diwujudkan dengan pemberian berbagai penghargaan, salah satu

17/01/2023 08:03 - Oleh Wardi Akmal (pak_w) - Dilihat 43 kali
Alhamdulillah, Pembagian Rapor Semester Ganjil T.P 2022/2023 di SMP Negeri 3 Bukittinggi Berjalan Lancar

    Sabtu, 24 Desember 2022 dimulai pukul 09.00 WIB  SMP Negeri 3 Bukittinggi melaksanakan kegitaan pembagian Rapor semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 Kepada siswa

24/12/2022 10:45 - Oleh Wardi Akmal (pak_w) - Dilihat 112 kali