• WEBSITE RESMI SMPN 3 BUKITTINGGI (AKREDITASI A & ADIWIYATA NASIONAL 2019)
  • THE SCHOOL OF THE FUTURE

SMPN 3 Bukittinggi Raih Juara 2 Lomba Musikalisasi Puisi

Desmeri : Latihan Selama Ini Berbuah Hasil Maksimal

SMP Negeri 3 Bukittinggi meraih juara 2 lomba Musikalisasi Puisi yang diadakan SMP Negeri 3 Bukittinggi bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi.Lomba ini diselenggarakan di Hotel Dymens, belum lama ini. Lomba ini diikuti 14 SMP negeri dan swasta se-Kota Bukittinggi.

Puisi yang dibawakan oleh SMP Negeri 3 yaitu Membaca Tanda Tanda karya Taufiq Ismail yang diiringi alat musik gitar, talempong, dan tambua. Musikalisasi puisi SMP Negeri 3 Bukittinggi dibawakan oleh Indra, Ucok, Agus, Risky,Bunga dan Zahra.

Musikalisasi puisi merupakan suatu bentuk perpaduan seni antara musik dan sastra atau suatu kegiatan pengapresiasian puisi yang dipadukan dengan musik. Pada prosesnya, karya puisi yang telah ada dilagukan oleh pemusik, atau pemusik menawarkan musiknya kepada sastrawan untuk menambahkan musik ke dalam sebuah puisi. Perpaduan tersebut dikenal dengan istilah musikalisasi puisi.

Musikalisasi puisi memiliki beberapa unsur yang harus diperhatikan meliputi Nada.Dalam musikalisasi puisi, nada menjadi unsur utama yang penting. Karena puisi harus dibacakan sesuai nada iringan musik yang digunakan. Irama dalam pembacaan musikalisasi puisi dilakukan untuk menjiwai isi puisi yang dibawakan. Penentuan irama dan temponya ditentukan dari tema puisi. Contohnya tema puisi yang bersemangat, jauh lebih cocok dibawakan dengan irama dan tempo musik yang cepat dan semangat.

Seperti pembacaan puisi biasa, pelafalan juga termasuk unsur musikalisasi puisi. Pelafalan dari pembacaan puisi harus jelas, agar pendengar dapat memahami dan menjiwainya.
Harmoni artinya keseluruhan unsur musikalisasi puisi haruslah saling berkesinambungan dan harmonis. Mulai dari nada iringan musik hingga cara pembawaannya, semua harus harmonis dan serasi. Saat membaca puisi, ekspresi menjadi unsur penting. Begitu pula dengan musikalisasi puisi, ekspresi wajah dan gerak gerik tubuh harus diperhatikan, karena berpengaruh pada penjiwaan.

Pembina Musikalisasi Puisi SMP Negeri 3 Bukittinggi Desmeri, S.Pd mengucapkan syukur atas pencapaian siswa SMPN 3 Bukittinggi dalam lomba tersebut.

Ia menyebutkan latihan dan kerja keras para siswa akhirnya membuahkan hasil maksimal.
“Semoga kita bisa mempertahankan juara yang kita raih bersama.Latihan kita selama 2 minggu akhirnya terbayarkan dengan hasil ini. Semoga tahun besok kita bisa mendapatkan juara 1,” Aamiin, “ ucap Desmeri didampingi Pelatih Drs. Emil Anwar.(Tim Jurnalistik Spentri Bukittinggi)






Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Upacara Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke-77

SMP Negeri 3 Bukittinggi rayakan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke-77 dengan mengadakan upacara dan silaturahmi antar guru serta siswa. Hari Guru Nasional yang jatuh pada setiap

03/12/2022 07:37 - Oleh Wardi Akmal (pak_w) - Dilihat 40 kali
SMP Islam Al-Faruqi Kampar- Riau Kagumi SMPN 3 Bukittinggi

“Rancak Bana’, Miliki Lingkungan Hijau dan Asri Bukittinggi—SMP Negeri 3 Bukittinggi baru-baru ini dikunjungi SMP Al-Faruqi Kampar Provinsi Riau dalam rangka studi ti

16/11/2022 05:58 - Oleh Wardi Akmal (pak_w) - Dilihat 70 kali
SMP 3 SIAP DUKUNG PEMBANGUNAN LINGKUNGAN HIDUP BUKITTINGGI

Jadi Titik Pantau Adipura, Diapresiasi Tim Penilai KLHKSMP Negeri 3 Bukittinggi baru-baru dikunjungi Tim Penilai Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indones

13/10/2022 08:50 - Oleh Wardi Akmal (pak_w) - Dilihat 99 kali