• WEBSITE SMPN 3 BUKITTINGGI
  • AKREDITASI A & SEKOLAH ADIWIYATA NASIONAL 2019

SMPN 3 GELAR GOTONG ROYONG, TANAMKAN BUDAYA KERJASAMA UNTUK MENJAGA ADIWIYATA

SMP Negeri 3 Bukittinggi mengadakan gotong royong bersama membersihkan lingkungan sekolah. Para siswa sangat antusias melaksanakan kegiatan tersebut. Bahkan, guru-guru juga ikut serta dalam kegiatan ini.

Menurut Kepala SMPN 3 Bukittinggi Firman Adhani, S.Pd, tujuan kegiatan ini untuk menjadikan lingkungan sekolah yang asri dan nyaman dan juga bisa mempererat tali persaudaraan.

“Pihak sekolah ingin menanamkan budaya kerjasama dan rasa saling tolong menolong kepada siswa. Dengan gotong royong ini, mereka tahu tentang makna kerjasama yang sebenarnya,”ujar Fiman. .

Sementara itu, selama gotong royong, siswa sangat bersemangat meskipun ada  juga yang bersikap cuek. Ketika semua temannya sibuk membersihkan kelas, ia hanya melihat saja atau bermain handphone.

Firman menambahkan SMPN 3 juga ingin mendidik anak-anak agar menjadi siswa berprestasi.

Ia menjelaskan gotong royong memiliki makna penting yang bisa diambil yaitu mencerminkan kebersamaan yang diciptakan dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat.

“Gotong royong membentuk kebiasaan suka menolong secara sukarela dan bersama-sama membantu orang lain maupun untuk kepentingan umum yang dapat dimanfaatkan bersama,”ungkapnya.

 Gotong royong adalah ungkapan yang menyatakan saling membantu dan sudah menjadi kebiasaan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Gotong royong menyatakan apa yang dipahami sebagai solidaritas dan kesatuan, maka diangkat dan dikembangkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia.

 “Kita berharap agar siswa dan siswi lebih rajin dan giat dalam belajar dan menanamkan sikap kerjasama. Meskipun ada siswa yang nakal, guru-guru akan mendidiknya dengan sabar. Selain itu, guru-guru juga memberikan apresiasi kepada siswa yang berprestasi,”pungkas Firman.

Sejumlah siswa  mengatakan gotong royong ini sangat bagus dan bermanfaat. Mereka dapat belajar tentang budaya kerjasama dan saling membantu.


 

“Kami sangat senang dengan kegiatan ini.Gotong royong telah mengajarkan ilmu tentang cara bekerjasama, tolong menolong dan rasa peduli lingkungan,” ungkap Ikhsan dan Anisa, salah seorang siswa yang diwawancarai.(Tim Jurnalistik SMP Negeri 3 Bukittinggi)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Workshop Perencanaan Berbasis Data (PBD)

Kamis ,18 Januari 2024, SMP Negeri 3 Bukittinggi melaksanakan Workshop Perencanaan Berbasis Data (PBD). Kegiatan dihadiri oleh seluruh Guru dan Staf tata Usaha SMP Negeri 3 Bukitti

20/01/2024 13:42 - Oleh Wardi Akmal (pak_w) - Dilihat 168 kali
Workshop Pengisian E-Kinerja di PMM

SMP Negeri 3 Bukittinggi, Melakukan kegiatan Workshop pengisian SKP melalui e-kinerja di PMM, dalam kegiatan tersebut di pandu Kepala Sekolah Firman Adhani. S.Pd, dan Pematerinya oleh P

16/01/2024 14:00 - Oleh Wardi Akmal (pak_w) - Dilihat 197 kali
Sikolah Bukittinggi Baralek Gadang

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Bukittinggi mengadakan “Sikolah Bukittinggi Baralek Gadang”, kegiatan di laksanakan di bawah gapura Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi

03/07/2023 08:15 - Oleh Wardi Akmal (pak_w) - Dilihat 299 kali