• WEBSITE SMPN 3 BUKITTINGGI
  • AKREDITASI A & SEKOLAH ADIWIYATA NASIONAL 2019

PIK-R SMPN 3 BUKITTINGGI SIAP MENGEMBAN AMANAH

Bantu Permasalahan  Teman Sebaya

SMP Negeri  3 Bukittinggi mengadakan pelantikan pengurus dan anggota Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R)  periode 2022-2023, baru-baru ini.

Kegiatan pelantikan  dihadiri Kepala SMPN 3 Bukittinggi  Firman Adhani S.Pd beserta jajarannya, para guru, staf  tata usaha, dan disaksikan para siswa SMPN 3 . Acara sangat istimewa ini yang  berhasil menarik perhatian siswa .

Organisasi PIK-R SMPN 3 Bukittinggi  ini diketuai oleh Zuleyka Qolby Lubis bersama wakilnya Mozhayra Putri Ronria.

Tim jurnalistik Spentri  ikut menyaksikan dan memantau pelaksanaan kegiatan  acara. Menurut pantauan tim, para peserta cukup antusias mengikuti pelantikan ini.

Salah seorang pembina organisasi PIK- R  SMPN  3 Bukittinggi  Bobi Tourist Yursa S.Pd  menjelaskan perlu kita  ketahui bahwa PIR-R ini adalah  Pusat Informasi Konseling Remaja,  dimana anak-anak ini dijadikan penyambung  lidah dari guru Bimbingan Konseling.

“Jika anak-anak kami ini malu  bercerita dengan guru Bimbingan Konseling atau BK atau wali kelas, mereka  bisa  menyampaikan melalui  teman sebaya. Bagaimana anak-anak bisa mengembangkan dan percaya diri serta bahagia di sekolah dan dirumah. Anak-anak bisa menyesuaikan dengan teman-temannya. Anggota PIK-R bisa menggali pertanyaan dengan teman-temannya, " ujar Bobi kepada Jurnalis Spentri.

Bobi menambahkan jika permasalahan itu tidak terselesaikan oleh anak-anak yang dibina ini, guru BK  sendiri yang akan turun tangan membantu masalah tersebut. Anak-anak sebelumnya dibekali azas-azas BK atau dilatih dulu. Bagaimana idealnya menjadi guru BK itu sendiri.

“Jika tidak selesai dengan konselor sebaya, maka guru BK akan memberikan bantuan. Targetnya adalah bagaimana anak-anak berkembang, mandiri dan bahagia melalui bantuan teman sebayanya. Mereka harus dewasa, menjaga rahasia dan berwawasan luas.  Teman-teman itu bisa ditanya dulu apa persoalannya. Kedepannya kami berharap anggota PIK-R ini dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Mereka bisa membantu teman sebaya mencarikan solusi persoalannya. Masalah itu beragam mulai pembelajaran dan sebagainya. Semoga kegiatan PIK-R  di SMPN 3 ini berjalan lancar.

 Pelantikan PIK-R oleh Kepala Sekolah, Firman Adhani, S.Pd

Sementara itu,  Ketua Organisasi PIK-R SMPN  3 Bukittinggi  Zuleyka Qolby Lubis mengucapkan syukur atas dilantiknya pengurus dan anggota PIK-R  ini.

“ Alhamdulillah,  acara pelantikan kali ini berjalan sukses. Saya siap  mengemban amanah yang sudah diberikan  dengan sebaik-baiknya. Semoga PIK-R ini  dapat berjalan lancar dan berjaya,” harap Zuleyka.

Sedangkan, Kepala SMP Negeri 3 Bukittinggi Firman Adhani berharap PIK-R ini bekerja dengan baik dan bisa membantu tugas guru BK dalam memecahkan permasalahan teman-teman sebayanya. (TIM JURNALISTIK SMP 3 BUKITTINGGI)

 
PEMASANGAN PIN


UCAPAN SELAMAT DARI UNSUR PIMPINAN

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Workshop Perencanaan Berbasis Data (PBD)

Kamis ,18 Januari 2024, SMP Negeri 3 Bukittinggi melaksanakan Workshop Perencanaan Berbasis Data (PBD). Kegiatan dihadiri oleh seluruh Guru dan Staf tata Usaha SMP Negeri 3 Bukitti

20/01/2024 13:42 - Oleh Wardi Akmal (pak_w) - Dilihat 168 kali
Workshop Pengisian E-Kinerja di PMM

SMP Negeri 3 Bukittinggi, Melakukan kegiatan Workshop pengisian SKP melalui e-kinerja di PMM, dalam kegiatan tersebut di pandu Kepala Sekolah Firman Adhani. S.Pd, dan Pematerinya oleh P

16/01/2024 14:00 - Oleh Wardi Akmal (pak_w) - Dilihat 197 kali
Sikolah Bukittinggi Baralek Gadang

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Bukittinggi mengadakan “Sikolah Bukittinggi Baralek Gadang”, kegiatan di laksanakan di bawah gapura Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi

03/07/2023 08:15 - Oleh Wardi Akmal (pak_w) - Dilihat 299 kali