• WEBSITE SMPN 3 BUKITTINGGI
  • AKREDITASI A & SEKOLAH ADIWIYATA NASIONAL 2019

Kegiatan Tahfidz Alquran di Sekolah

Program penguatan religius terus dilakukan untuk semua Siswa/i SMP Negeri 3 Bukittinggi, Karakter religius menjadi hal yang pertama dan utama. Berangkat dari situlah SMP  Negeri 3 Bukittinggi  terus bergerak untuk merealisasikannya.

Salah satu kegiatan untuk memperkuat religius bagi siswa adalah  Tahfidz Alquran. Kegiatan ini diperuntukkan untuk semua siswa kelas 7, 8, dan 9. Kegiatan tahfidz SMP Negeri 3 Bukittinggi meliputi tiga hal, yakni pembinaan siswa/i dalam  makhrajul huruf, pembinaan tajwid, dan hafalan. kegiatan tahfidz berjalan baik.

Pelaksanaan tahfidz agar tetap berjalan, dilakukan sebagai berikut: 

  1. pertama, siswa mengikuti pembinaan bagaimana melafalkan huruf atau makhrajulhuruf hijaiyah sesuai dengan ketentuannya. 
  2. Kedua, tajwid meliputi pemahaman dan pembetulan  tentang hukum tajwid dan cara membacanya secara benar. 
  3. Ketiga, setoran hafalan.

Selain itu, para siswa akan diberi arahan, evaluasi, dan solusi oleh pembina sesuai dengan pencapaian dan kendala yang dihadapi. Selanjutnya siswa/siswi membaca hafalan perbaikan. Proses ini berjalan secara berulang sampai dengan para siswa betul bacaannya dan hafal.

Dengan kegiatan ini siswa/i diharapkan mampu membaca Alquran dengan benar sesuai dengan tajwidnya, mencintai dan menyayangi Alquran dengan terus membacanya, mendengarkan dan menghafalakan. Dengan ini pula siswa/i memiliki akhlaqulkarimah khususnya dalam hal adab membaca, mendengarkan, dan menghafalkan Alquran. Semua rangkaian kegiatan, pada akhirnya  menanamkan perasaan nikmat belajar  Alquran.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Workshop Perencanaan Berbasis Data (PBD)

Kamis ,18 Januari 2024, SMP Negeri 3 Bukittinggi melaksanakan Workshop Perencanaan Berbasis Data (PBD). Kegiatan dihadiri oleh seluruh Guru dan Staf tata Usaha SMP Negeri 3 Bukitti

20/01/2024 13:42 - Oleh Wardi Akmal (pak_w) - Dilihat 168 kali
Workshop Pengisian E-Kinerja di PMM

SMP Negeri 3 Bukittinggi, Melakukan kegiatan Workshop pengisian SKP melalui e-kinerja di PMM, dalam kegiatan tersebut di pandu Kepala Sekolah Firman Adhani. S.Pd, dan Pematerinya oleh P

16/01/2024 14:00 - Oleh Wardi Akmal (pak_w) - Dilihat 197 kali
Sikolah Bukittinggi Baralek Gadang

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Bukittinggi mengadakan “Sikolah Bukittinggi Baralek Gadang”, kegiatan di laksanakan di bawah gapura Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi

03/07/2023 08:15 - Oleh Wardi Akmal (pak_w) - Dilihat 299 kali