PROGRAM KERJA ORGANISASI SEKOLAH INTRA SEKOLAH (OSIS)

SMP NEGERI 3 BUKITTINGGI

A.    LATAR BELAKANG

         Keberadaan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) OSIS SMP Negeri 3 Bukittinggi sebagai salah satu wadah yang tersedia untuk mengembangkan potensi peserta didik sangat relevan dengan anjuran yang terdapat pada Undang – undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional sebagaimana yang terdapat pasal 3, 4, dan 12 ayat 1 (b)  sebagai berikut  :

Pasal 3 :

Bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik.

Pasal4 :

Bahwa pendidikan diselenggarakan  dengan materi keteladanan membangun kemauan dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran.

Pasal 12  ayat 1 (b) :

Bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya.

untuk mengembangkan bakat yang dimiliki.

            OSIS SMP Negeri 3 Bukittinggi yang terdiri dari perwakilan setiap kelas merupakan salah satu wadah bagi siswa yang berfungsi menyalurkan, membina, meningkatkan kemampuan, kreativitas, kemapuan intelektual baik dibidang akademik maupun non akademik pada umumnya dan keorganisasian pada khususnya.

Layaknya sebagai sebuah organisasi OSIS SMP Negeri 3 Bukittinggi dari tahun ke tahun sudah berusaha merancang dan melaksanakan program-program yang ditujukan untuk menyalurkan bakat siswa dalam rangka peningkatan kualitas diri siswa pada khususnya mengangkat prestasi sekolah pada umumnya. Keberhasilan yang diraih pada periode masa lalu sudah mengharumkan nama SMP Negeri 3 Bukittinggi baik di tingkat Kota Bukittinggi bahkan di tingkat Propinsi   Sumatera Barat haruslah menjadi cambuk untuk meningkatkan prestasi kearah yang lebih baik.

            Adapun faktor pendukung dari keberhasilan beberapa sub bidang kegiatan OSIS ini diantaranya kesungguhan dari Pembina sub bidang kegiatan dan peserta didik itu sendiri dalam mengasah kemampuan sehingga mampu bersaing baik di tingkat Kota maupun di tingkat Propinsi. Rasa kebersamaan, motivasi positif,  rasa tanggung jawab yang dibina antar pengurus OSIS, hubungan baik dengan Pembina dan kebijakan sekolah yang mendukung program OSIS, sarana pendukung kegiatan yang memadai memberikan peluang untuk OSIS mampu menjalankan beberapa program-program yang telah dirancang terlaksana sesuai target.

            Namun dibalik keberhasilan di sana sini masih terdapat kendala yang membuat jalannya program kurang optimal. Banyak hal yang menyebabkan kendala ini baik dari internal kepengurusan OSIS maupun dari eksternal pengurus. Adapun kendala klasik dalam sebuah organisasi masih kurang solidnya antar pengurus dan kurang pahamanya pengurus dengan job description masing-masing, sehingga lahirnya kegiatan masih mengandalkan masukan dari guru Pembina. Pengaturan jadwal untuk akademik dan organisasi yang belum optimal terkadang menyebabkan pengurus mengalami kendala dalam menjalankan program yang telah dirancang. Seperti kegiatan yang menuntut pengurus menjalankan program saat jam akademik berlangsung. Sehingga menyebabkan ketimpangan dalam menunaikan hak dan kewajiban.

            Berangkat kondisi riil tersebut Pembina OSIS beserta perwakilan kelas dituntut untuk lebih memahami, mampu merumuskan dan melaksanakan program-program yang telah direncanakan dengan tetap memperhatikan aspek keseimbangan antar kegiatan akademik dan organisasi.

Hal yang tidak boleh terlupakan yakni kepekaan, kekritisan, dan fleksibelitas pengurus OSIS sebagai perwakilan kelas sehingga fungsi sebagai wadah aspirasi yang berlandaskan Anggaran Dana Dasar OSIS, Anggaran Rumah Tangga Perwakilan Kelas, dan kode etik perwakilan kelas dapat terwujud. Begitu juga dengan kebijakan yang diterapkan disekolah hendaknya tetap memperhatikan aspek pengembangan potensi anak melalui  kegiatan berorganisasi melalui wadah OSIS tersebut.

 

B.    VISI

Perwakilan kelas SMP N 3 Bukittinggi sebagai perangkat OSIS yang berfungsi sebagai legislator, supervisor, kolektor dan advisor bagi seluruh kegiatan OSIS, serta sebagai media aspirasi siswa dalam bidang kegiatan kesiswaaan pada khususnya dan sekolah pada umumnya yang berlandaskan IMTAQ, IPTEK, budi pekerti luhur, serta semangat kekeluargaan yang selaras dengan profesionalitas kerja sesuai dengan Anggaran Dasar, Anggaran Rumag Tangga dan kode etik perwakilan kelas.

 

C.   MISI

Untuk mencapai visi di atas, maka perwakilan kelas periode 2009-2010 memiliki misi-misi sebagai berikut:

  1. Berpegang teguh kepada Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Menerapkan dan mengaplikasikan IMTAQ dalam kehidupan sehari-hari
  3. Mengedepankan profesionalisme kerja tanpa mengenyampingkan kekeluargaan
  4. Mempelajari secara seksama serta berperilaku sesuai dengan Tata Tertib Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Bukittinggi
  5. Membahas, menimbang, merevisi dan mengesahkan Anggaran Rumah Tangga (ART) dan standarisasi pengawasan serta aturan perundangan OSIS lainnya sebagai perwujudan fungsi legislator
  6. Menampung, menyortir serta mengakomodir seluruh aspirasi yang terkait dengan kinerja OSIS dari berbagai elemen di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Bukittinggi sebagai perwujudan fungsi media aspirasi
  7. Melaksanakan pengawasan secara maksimal terhadap kinerja OSIS sebagai perwujudan fungsi supervisor
  8. Meninjau kembali serta memberikan pembentukan atas perkara yang terkait dengan kinerja OSIS sebagai perwujudan fungsi korektor
  9. Memberikan masukan baik pada saat pra pelaksanaan, pelaksanaan, maupun pasca pelaksanaan yang bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas OSIS sebagai perwujudan fungsi advisor
  10. Berupaya secara maksimal dalam menempatkan diri  sebagai rekan kerja Pengurus OSIS (PO) dan semua sub seksi yang ada di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Bukittinggi
  11. Melaksanakan kaderisasi  untuk mencari bibit-bibit unggul dalam rangka regenerasi kepengurusan OSIS Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Bukittinggi

 

D.   SASARAN KEGIATAN

Kegiatan OSIS ini ditujukan untuk seluruh warga SMP Negeri 3 Bukittinggi khususnya.

 

F.    PROGRAM OSIS SMP NEGERI 3 BUKITTINGGI PERIODE TAHUN PELAJARAN 2013-2014

OSIS sebagai salah satu organisasi wadah pengembangan potensi siswa yang mencakup melatih jiwa kepemimpinan, tanggung jawab, kebersamaan, sosialisme, dan juga menumbuhkan rasa kekeluargaan antar sesama siswa dan keluarga besar SMP Negeri 3 Bukittinggi. Adapun program yang dirancang untuk menunjang tujuan tersebut adalah sebagai berikut:

1.    Program Mingguan

a.    Latihan kegiatan ekstra kurikuler dilaksanakan setiap hari Jum’at, dan Sabtu dimulai pukul 14.00 – 16.30 WIB, yang dilaksanakan oleh beberapa ekskul diantaranya: PRAMUKA, DRUMBAND, UKS-PMR, PKS, LATIHAN UPACARA BENDERA dan KIR.

b.    Kegiatan Kerohanian Islam (muhadarah) setiap Jum’at oleh setiap kelas secara bergiliran. Tambahan kegiatan yang direncanakan akan dilaksanakan oleh Sub-Seksi kerohanian, yang berbentuk Pengajian khusus perempuan (Forum An-Nisa) setiap Jum’at jam 11.30-12.30, Pembinaan Membaca Alqur’an 1x 1 Seminggu bagi siswa yang belum lancar membaca Alqur’an.

c.    Basket, Volley Ball, Mading, Club Sains, yang diikuti oleh siswa yang berminat mulai dari Siswa kelas VII, VIII dan IX. Kegiatan ini disesuaikan dengan jadwal masing-masing Kelompok Ekskul.

d.    Latihan PASKIBRA untuk Tim Inti dari OSIS

 

2.    Program Bulanan

a.       Hiking, yang dirancang dan dilaksanakan oleh Seksi Pramuka. Setiap akhir Semester atau sesuai kesepakatan program kerja Seksi Pramuka

b.      Class meeting, yang dilaksanakan setiap Akhir Semester Selesai Ujian Semester Sebelum Penerimaan Raport. Kegiatan ini mencakup bidang Olahraga, Kesenian, bidang ilmu pengetahuan umum, pengetahuan agama, dan penyuluhan-penyuluhan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

c.       Upacara Mingguan setiap awal Bulan dilaksanakan oleh Tim Paskibra OSIS SMP Negeri 3 Bukittinggi.

 

3.    Program Tahunan

a.    Pemilihan MPK dan Pemilu ketua OSIS setelah berakhir kepengurusan yang lama

b.    Pelatihan kepemimpinan (Training Dasar Organisasi) terhadap pengurus OSIS yang baru sebelum menjalankan kepengurusan organisasi yang baru

c.    Pelaksanaan MOS (Masa Orientasi Siswa) yang bertujuan memperkenalkan lingkungan sekolah terhadap siswa baru SMP  Negeri 3 Bukittinggi

d.    PBB, kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun pelajaran baru. Pesertanya khusus siswa baru yaitu kelas VII yang baru. Kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu satu Minggu pada saat pelaksanaan MOS (Masa Orientasi Siswa)

e.    Pembekalan tentang bulan Ramadhan dengan mendatangkan nara sumber dari luar sekolah

f.     Perlombaan antar kelas dalam bulan Ramadhan, mencakup seni tarik suara, pidato, Asmaul Husna, MTQ, Puisi Islami, cerdas cermat, kaligrafi dll yang bertujuan menyemarakkan bulan Ramadhan dengan kreatifitas seni islami dan meningkatkan wawasan ke Islaman siswa

g.    Parade Band, yang direncanakan akan dilaksanakan setiap akhir semester.

h.    Perlombaan internal SMP  Negeri 3 Bukittinggi yang mencakup bidang Matematika, Science, MTQ, Puisi, Cerpen, Mading antar kelas, Story Telling, Solo song, Vocal group, Nasyid, dan Pidato Adat Minang Kabau

i.      Suksesnya kegiatan pada point h tersebut, OSIS SMP Negeri 3 Bukittinggi akan mencoba menguji kemampuan siswa pada tingkat yang lebih tinggi misal antar SMP Se-kota Bukittinggi bahkan Se- Sumatera Barat.

 

G.   PENUTUP

Demikianlah perencanaan program kerja OSIS Periode 2010-2011 ini kami susun dengan harapan mampu mewadahi potensi peserta didik SMP Negeri 3 Bukittinggi, mengisi hari-hari siswa dengan kegiatan positif dan mengurangi pengaruh buruk lingkungan yang berdampak negatif terhadap perkembangan siswa. Semua program ini akan terealisasi jika ada kerjasama dan komitmen yang tinggi dari setiap unsur yang terlibat mengemban tanggung jawab sesuai dengan bidangnya masing-masing. Agar Motto SMP Negeri 3 Bukittinggi The School Of the Future dapat kita wujudkan secara nyata.

 

 

Menyetujui,                                                                                                                                                                Bukittinggi  Juli 2013

Kepala SMP Negeri 3 Bukittinggi                                               Pembina OSIS                                              Sekretaris            

 

 

Zulfia, S.Pd, M.Pd                                                                    Khairul Anwar, S.Pd                                       Anifa Yulia S.Pd
NIP.
196001211986032002                                                                              NIP. 196301201984031003                                 NIP. 197009102003122002

SEKOLAH PENERIMA ADIWIYATA

SELAMAT ! SMP Negeri 3 Bukik Pinang Sabatang Bukittinggi ditetapkan sebagai Sekolah penerima penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi. Penilaian terdiri atas empat indikator, yakni Pengembangan Kebijakan Sekolah, Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan, Pengembangan Kegiatan Berbasis Partisipatif serta Pengelolaan dan Pengembangan Sarana Pendukung Sekolah. ''Yang terpenting dari empat indikator tersebut adalah kebijakan sekolah dalam mendukung peningkatan prestasi terutama di bidang lingkungan hidup" kata Walikota Bukittinggi Bpk. Ismet Amzis, SH saat penyerahan Sertifikat di Balai Sidang Hatta Bukittinggi.