Download Free Templates http://bigtheme.net/ Websites Templates

Hotspot Sekolah

Koneksi internet free hotspot SMP Negeri 3 Bukittinggi berjalan. Dengan memanfaatkan teknologi wireless (nirkabel) jaringan hotspot dibangun di sekolah yang memiliki kurikulum sekolah. Siswa dan tamu dapat memanfaatkan fasilitas internet gratis (free) melalui 2(dua) buah hotspot yang dibangun di gedung sekolah. Sekolah menawarkan nilai plus lain dari sekolah lain karena siswa diwajibkan menggunakan laptop, yang dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan berinternet. Siswa bebas menggunakan internet hotspot dari jam 07:00 wib sampai dengan 15:00 wib menggunakan internet hotspot. Pemakaian internet untuk siswa ini juga dibatasi melalui content filtering terhadap hal-hal yang negatif.

Di dunia pendidikan saat ini banyak sekali berkembang sistem manajemen sekolah berbasis komputer atau yang lebih dikenal dengan Sistem Informasi Sekolah. Teknologi yang dipakai juga sangat beragam, dari sistem informasi berbasis desktop hingga yang dikembangkan dengan teknologi berbasis web.

Sistem yang dibangun akan sangat bermanfaat jika dapat digunakan oleh banyak pengguna (multiuser), untuk penggunaan di sekolah akan memungkinkan sistem diakses oleh Guru, Karyawan, Siswa maupun Orang Tua. Jaringan komputer adalah salah satu faktor pendukung yang mutlak diperlukan sebagai infrastruktur pendukung sistem ini.

Perkembangan Teknologi jaringan komputer yang semakin canggih, memungkinkan interkoneksi dapat dilakukan tanpa media penghubung secara fisik, atau yang sekarang lebih dikenal dengan istilah Wireless Connection.

Teknologi jaringan wireless tersebut saat ini trend dengan nama HotSpot. Banyak tempat-tempat umum (seperti bandara, lobi hotel dan café) yang menyediakan fasilitas HotSpot sebagai sarana pendukung. Mungkin yang menjadi pertanyaan adalah, “Bagaimana teknologi ini dapat mendukung Sistem Manajemen Pendidikan disekolah?”

HotSpot sesuai namanya mungkin dapat diartikan sebagai layanan Wifi atau Wireless LAN yang dapat digunakan untuk area privat ataupun umum. Di sekolah, area HotSpot yang di lingkupi oleh Wireless LAN tersebut tersambung ke sebuah server lokal yang memberikan layanan koneksi ke aplikasi Sistem Manajemen Sekolah berbasis web, dan hanya dapat diakses oleh pengguna yang berada di lingkungan sekolah karena area HotSpot memiliki jangkauan yang terbatas.

HotSpot yang berada di suatu area sekolah, tentunya layanannya akan ditujukan untuk siswa, guru atau karyawan sekolah tersebut. Untuk mengurangi kemungkinan agar akses tidak dilakukan oleh pihak yang bukan dari instansi tersebut, maka diperlukan sebuah public key Yang diacak dengan kode tertentu yang dapat digunakan oleh pengguna di lingkungan sekolah tersebut untuk masuk ke jaringan Wifi tersebut.

HotSpot yang tersedia akan banyak mengurangi ketergantungan akan kabel jaringan, memudahkan akses dan koneksi dari mana saja di area HotSpot dan yang paling penting adalah informasi akan dapat diakses dengan lebih cepat dan lebih mudah.

Untuk menggunakan hotspot di SMPN 3 Bukittingi menggunakan laptop anda diharuskan untuk mendaftarkan diri kepada pak_w untuk mendapatkan username / ID untuk login ke hotspot.

 

Print Email