SMP Negeri 3 Bukittinggi menggelar pemilihan ketua OSIS masa bakti 2019-2020 dengan sistem seperti pemilihan umum (Pemilu). Kegiatan yang digelar di sekolah, untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilihan bagi para siswa khususnya di SMP Negri 3 tersebut.

Kepala SMPN 3 Bukittinggi Drs. Joni Ahmadi, M.Pd mengatakan bahwa OSIS merupakan organisasi yang mewadahi seluruh aktifitas siswa baik akademik maupun non akademik, untuk itu perlu adanya pemimpin yang lebih dikenal dengan ketua untuk memimpin organisasi tersebut.

Namun bebrbeda dari tahun-tahun sebelumnya pemilihan ketua osis periode 2019/2020 ini kata Joni Ahmadi, dilaksanakan secara demokrasi dengan pemilihan umum terbuka, Tujuannya memberikan pendidikan demokrasi dan mengenalkan siswa-siswi sejak dini tentang tahapan dalam Pemilu. sebelum pemilihan dilaksanakan, beberapa persiapan  pun dilakukan layaknya pemilu.

“Dimulai dari rapat pembentukan panitia yang dihadiri oleh empat orang dari perwakilan kelas, dari kelas 7 – kelas 8. Pada hari itu juga didapatkan calon ketua dan wakil ketua sebanyak empat pasang.”

Kemudian lanjut dia, pelaksanaan kampanye masing-masing calon. Hingga digelar pemungutan suara yang diikuti oleh seluruh siswa, kepala sekolah, majelis guru, dan seluruh staf tata usaha SMPN 3 Bukittinggi.

“Pencoblosan pertama dilaksanakan oleh saya, diikuti oleh majelis guru dan siswa siswi secara bergantian. setelah selesai pemungutan suara, dilangsungkan penghitungan surat suara.” Jelasnya.